Sabtu, 20 Juli 2013

Buku Agenda Ramadhan Mendidik untuk Apa??


      Terispirasi untuk nulis saat melihat para anak kecil lebih tepatnya anak SD yang lagi pada sibuk ngurusin buku agenda ramadhannya saat shalat tarawih. Mereka menghiasi buku agenda ramadhannya dengan tanda ceklis biar terlihat penuh sebagai bukti bahwa mereka telah melaksanakan serangkaian ibadah pada bulan ramadhan ini. Yang membuat gua heran, mereka kok malah lebih sibuk sama bukunya ya daripada shalat tarawihnya. Ckckckc yang lebih lucunya lagi saat shalat terawihnya baru aja selesai, terus dilanjutin shalat witir ehh mereka malah udah siap siap beresin peralatan shalatnya dan bersiap-siap untuk mengantri buat minta tanda tangan sama imam. Ampunn dahhh ahhhhhh !!!!
Tanda tanya besar dalam benak gua, sebenarnya tujuan dari buku agenda ramadhan itu apa sih ?? Buat mendidik biar rajin ibadahnya? Atau buat mendidik mereka untuk berbohong??
Mereka tuh malah sibuk bagaimana caranya supaya buku agenda ramadhan mereka penuh, terus dilihat deh sama guru disekolahnya, teruss dapet nilai baguss gitu?? Hadeuuhhh --__--  . lalu serangkaian ibadah yang mereka lakukan itu gimana??
Yang lebih parahnya lagi ada seorang ibu-ibu yang malah memperburuk keadaan untuk menyuruh mereka memanipulasi tanda tangan imam, biar mereka gak perlu cape-cape ngantri untuk minta tanda tangan. Hadeeuuhhh buuu buuu, kumaha si ibu mahh ini ??
Bukannya mendidik anaknya untuk belajar jujur dan rajin ibadah malah memperburuk keadaan dengan menyuruh berbuat curang.
Sebenarnya tujuan adanya buku agenda ramadhan itu baik lohh. Buku itu melatih anak untuk disiplin dan rajin beribadah. Karena apabila melakukan sesuatu dari sejak dini maka akan terbiasa saat dewasa nanti. Tapi masyarakat malah salah merealisasikannya untuk melakukan sesuatu yang malah tidak baik.
Namanya juga anak-anak, mereka masih labil dan polos yahhh. Naahhh, jadi disini peran orang tua lah yang paling penting. Orang tua harus bisa mengawasi dan mendidik anaknya dalam melakukan suatu perbuatan dengan jujur. Apalagi untuk suatu perbuatan ibadah yang wajib dilakukan untuk setiap umat islam. Ya memang saat ini mereka masih kecil dan belum mengerti bagaimana cara beribadah dengan baik. Justru disini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membimbing anaknya. Orang tua harus mengajari anaknya untuk terbiasa beribadah seperti melaksanakan puasa , shalat serta shalat tarawih dengan baik. Orang tua juga harus mengawasi anaknya untuk memastikan bahwa anaknya benar-benar melaksanakan hal tersebut. Jangan malah menyuruh mereka untuk berbuat curang. Kalau dari kecil aja sudah diajarkan untuk bebuat yang tidak baik, bagaimana besarnya nanti?? Cckkckckck
Ayo para ibu dan ayah berikan perhatian kalian kepada anak-anakmu tercinta agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang menawan untuk membahagiakanmu kelak di dunia maupun di surga nanti J .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar